Latest Post :

Cara Membuat Puisi

menulis puisi adalah tugas yang paling susah, tak semudah membaca dan memahaminya. tapi bagi saya menulinya dan memahaminya adalah hal yang sama-sama sulit. Mungkin bagi sebagian orang itu hal yang mudah, dan sebagian juga adalah hal yang sulit di antaranya saya sendiri. Ada beberapa hal yang di pertimbangkan oleh penulis puisi. berikut ada beberapa hal untu dipertimbangkan dalam menulis puisi yang bisa membantu anda untuk lebih mudah menulis puisi.


Tema
Tema adalah titik awal dari puisi yang akan anda buat, tentang apakah puisi tersebut. Apakah yang anda coba sampaikan melalui puisi anda? Apakah cerita, pengalaman, peristiwa, atau tempat?
Sebuah cara yang menarik untuk menuliskan kata-kata, frase atau kalimat ketika anda berfikir tentang tema puisi anda.

Perasaan
 Dengan kata-kata, anda harus menyampaikan apa yang anda rasakan. Pembaca harus memahami kedalaman apa anda alami. Puisi pada dasarnya adalah emosi tentang penyair. Perasaan apakah yang datang pada anda ketika anda melihat obyek.

Kondisi atau suasana
Bagaianakah anda ingin mengambarkan gagasan dan perasan melalui puisi anda? Apakah anda ingin membuat puisi yang serius, atau yang lucu, yang kasar atau yang sopan?
suasana hati sering kali dapat membantu anda menyampaikan perasaan lebih efektif. Cobalah untuk menulis satu atau dua kalimat yang berisi tema dan  perasaan dalam suasana hati yang berbeda.

Gaya penulisan
Pilih gaya penulisan yang mudah bagi anda. Penyair paling modern sering menggunakan sajak bebas. Meskipun, untuk pemula, gaya ini mungkin tidak memiliki struktur formal dan terdengar mudah.

Target
Untuk siapa anda menulis? Target pendengar dari puisi tersebut dapat membantu anda dalam memilih bahasa, gaya, dan kata-kata yang akan ada gunakan dalam karya puisi anda. Bacakan beberapa puisi anda kebeberapa teman, kerabat, tetangga tetangga anda, yang cocok dengan uraian anda dan target anda. Mintalah umpan balik mereka dan apa yang mereka rasakan tentang puisi itu.

Tips bermanfaat
  • Pelajari bentuk dan gaya yang di gunakan oleh penyair-penyair terkenal untuk menjadi lebih akrab dengan struktur, format, sajak ritme, bersama dengan unsur-unsur lain yang digunakan dalam menulis puisi.
  • Buatlah buku harian dan jurnal dimana anda merekam pikiran, perasaan dan pengalaman, bahkan mimpi.
  • bertukar pikiran dengan orang lain yang mempunyai minat yang sama anda. Hal ini akan membuat pengetahuan anda bertambah.
Menulis puisi membutuhkan ketulusan dan imajinasi, tetapi jika anda berniat maka anda bisa melakukannya,  itu saja dari saya semoga bermanfaat.

Sumber: http://www.artikelcara.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Chaciep - All Rights Reserved
Creating Website by Chaciep
Proudly powered by Blogger